5/12/14

Cara Menentukan Tanggal Kadaluarsa pada Produk Kecantikan Korea

5/12/14
click image to view in larger definition (cr)

Lo yang suka ngumpulin make up sana sini, lo yang hobi beli skincare macem-macem, sekarang gue mau tanya!
Tahu enggak sampai kapan bisa lo pake itu skincare?
Sampe kapan make up bisa aman lo pake?

Nah sekarang gue mau ngedongeng tentang gimana caranya lihat tanggal kadaluarsa make up atau skincare. Tapi, yang gue kupas-kupas cantik tanggal kadaluarsanya disini cuman produk korea ya. Gue yakin deh lo pasti udah mantep kalo baca (bahasa kerennya) expired date produk lokal. Secara itu kode-kodenya enggak terlalu mengode (?)

Sebelum dongeng gue mulai, basmallah dulu ye gue mau ngasih tebak-tebakan asik aja nih! Gue punya dua produk nih, di kemasannya ketulis gini
 
click image to view in larger definition (cr)

Dan gini,

 
click image to view in larger definition (cr)

Nah, pertanyaannya apa bedanya yang atas sama yang bawah?
Apakah lo tau yang mananya sih yang nunjukkin itu sebagai tanggal kadaluarsa?
Simpen dulu ye jawabannya! Atau malah lo belum yakin yang mana jawabannya?
Tenang aja akan gue kasih tau lewat post ini! Jadi, lo enggak ragu lagi kalo make skincare/make up lo.

Kadaluarsa

Kadaluarsa itu apa sih? 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kadaluarsa aslinya bahasa bakunya kedaluwarsa, yang artinya: [a] (1) tidak model lagi (baju, kendaraan, dsb); tidak sesuai dng zaman: hakikat cerita itu telah -- apabila diajarkan sekarang; (2) sudah lewat (habis) jangka waktunya (tt tuntutan dsb); habis tempo; (3) terlewat dr batas waktu berlakunya sebagaimana yg ditetapkan (tt makanan): jika dimakan, makanan yg -- akan membahayakan kesehatan (cr) 
 Jadi, kadaluarsa itu batas waktu dimana lo bisa make produk skincare/make up tanpa ngebahayain kulit lo.
Di produk skincare atau make up asal korea sendiri bisa tertera tanggal produksi (tanggal kapan produk itu dibuat) dan/atau tanggal kadaluarsa (tenggat waktu pemakaian produk).

Tanggal kadaluarsa ditandai dengan kata 까지(kka-ji) dan tanggal produksinya lo bisa cari nomor sama embel-embel kata 제조 (je-jo). 
Terus urut-urutan baca tanggalnya gimana sih, kik?
Biasanya aturan penulisan tanggal di korea itu kebalikannya aturan penulisan tanggal di Indonesia. Kalo di Indonesia hari-bulan-tahun, di korea lo nemuin kebalikannya tahun-bulan-hari, lengkapnya (nyeon) itu tahun, (wool) itu bulan, dan (il) itu hari.
Misal,
            201452        :          2 Mei 2014 
            201411        :          1 Januari 2014
 
      Ehtapi, kalo umumnya di kemasan, yang biasa ngikut tanggal kadaluarsa maupun tanggal produksinya itu enggak ditulis tahun-bulan-harinya (maksudnya enggak sama yang gue misalin diatas). Tapi, cuman kayak 2013.7.22까지 atau 20090302제조 doang. Tenang, bacanya sama aja kok. 

            2013.7.22까지         :          Expired Date 22 June 2013 
            20090302제조         :          Manufacturing Date 2 March 2009
 
Lain lagi yang emang produsennya udah tingkat kepinterannya se-level diatasnya HAHA. Enggak juga sih ya biasanya emang kalau produsennya target pasarnya udah untuk luar korea mah kayaknya mereka udah antisipasi enggak pake tulisan Hangeul (tulisan korea). Biasanya lo bisa langsung baca ada ‘EXP’ nya.  Pasti udah pinter kan kalo EXP itu buat expired date atau tanggal kadaluarsa.

Lo bisa nemuin tanggal-tanggal ini di bawah, di belakang, diatas bagian belakang, umumnya sih di daerah-daerah istimewa (?) dan kesannya nyempil-nyempil bin dipaksain. Tapi, enggak jarang kok, produsennya ngasih di tempat yang mudah dilihat. 

Disini gue juga mau ngasih ‘ilmu biasanya’ yang biasa gue praktekkin dalam rangka nyari tanggal-tanggal kayak gini:
a.     Sebagian besar kalo itu kemasannya dari botol (kayak botol spray, pump), biasanya sih ada dibawah kemasan.
b.  Kemasan yang pencet memencet kayak odol aka tube kayak tube salep dan sejenis, biasanya lo bisa temuin diatas. Tepatnya pas lipetan bergirigi-gerigi (?).
c.     Dan lain-lain.
Sekali lagi ya diatas itu ‘ilmu biasanya’, jadi enggak bisa dijadiin patokan resmi kalo setiap produsen bikinnya sama kayak gitu. Yang botol dibawah dibawah semua, yang tube diatas diatas semua, enggak! Enggak mesti! Lagi-lagi lo harus jeli nentuin ginian. Enggak sesulit nemuin jodoh kok, nyante aja keleus~

Biar langsung terang benderang hidup lo, langsung gue kasih tabelnya aja ya!

         Expiration Date  
         of Beauty Items
Products Line
Category
Expired Date
Basic make-up

Lotion, cream, essence, eye cream, sun cream, etc.
Before opening: 30 months
After opening: 12 months
Cleansing products

Cleansing foam, cleansing cream, cleansing oil, cleansing tissue, etc.
Before opening: 30 months
After opening: 12 months
Color products
Lipstick, Lip-gloss
Before opening: 30 months
After opening: 6-18 months
Mascara, Eyeliner
Before opening: 24 months
After opening: 6 months
Eye shadow, blush on, concealer, base make up, foundation
Before opening: 36 months
After opening: 12 months
Shade make-up
Powder pact
Before opening: 60 months
After opening: 36 months
Mask type
Mask sheet
Before opening: 12 months
After opening: Right after being used
                         credit toKBS After School Beauty Bible 2014

Diatas itu lo bisa nentuin produk kecantikan dalam segala macem bentuk, dari yang basic skincare sampe pallete lo pun bisa lo ancang-ancang kadaluarsanya kapan. Oh iya, diatas itu patokan umumnya ya

Adakah dari lo semua yang bertanya-tanya, ‘kok sebelum kebuka sesudah kebuka beda sih tanggal kadaluarasanya’, ada? Gini gue jelasin.
Yang namanya produk sebelum dibuka itu mah pasti kesegel ya, jadi bahan yang ada didalemnya belum kontak langsung dengan udara kek apa kek zat-zat lain kek dan kakek-kakek lainnya (?) Yang pastinya awet deh orangnya eh produknya didalem kemasan itu. Alhasil, lebih lama lagi tanggal kadaluarsanya. Lain lagi kalo produknya udah kesentuh tangan lo tuh yang biasa lo bikin cebok, kesentuh udara, kesentuh macem-macem. Apalagi kalau ada bahan yang mudah teroksidasi ye, kan? Pasti lebih cepet zat-zat yang ada di produk itu rusak. Artinya, bisa makin cepet produk itu kadaluarsa.

Nah ada lagi nih yang penasaran ‘mending gue nurut tulisan tanggal kadaluarsa yang udah ketulis di kemasan, atau gue pake tabel lo kik?
Ah iya kan gue lupa ngasih tau, kalo lo nemuin tanggal kadaluarsa lo nurut aja sama yang udah tertera disitu. Tapi, kalo lo cuman dikasih tanggal produksi produk doang, barulah lo bisa nerapin apa yang kecantum di tabel yang gue kasih, paham?
Tapi gini, beda lagi kalo lo udah buka produknya eh ternyata kok pas lo liat 'ini produk mestinya enggak layak pake kalo udah 12 bulan setelah dibuka nih' 'eh kok meskipun udah dihitung-hitung 12 bulan setelahnya dibuka, masih belum lewat tanggal kadaluarsanya ya' 'mampus ini gimana?'
Gini lo enggak usah panik! Tarik nafas, hembuskan!
Kalo lo nemuin kayak gitu, lo jangan galau. Yang harus lo inget 'Setelah dibuka, produk udah kontak sana-sini.' Berarti bisa lo harus berfikir, 'Produknya udah enggak layak pake nih kan udah 12 bulan setelah gue buka.' Ya emang gitu! Rempong? Menurut gue sih enggak terlalu rempong. Meskipun tanggal kadaluarsanya masih lama, yekan emang udah enggak layak pake bos. Lebih jelasnya gue jelas-jelasin di lain waktu, so tungguin ya!

Bisa juga diambil kesimpulan: Produk yang dikemasannya cuman kecantum tanggal produksinya doang, bukan berarti satu produk itu bisa lo pake sampe lo udah kakek nenek walaupun isinya masih ada. Tapi, segala produk ada batesan pemakaiannya coi. 

Oke, gue kasih contoh deh!
Misalnya lo beli toner nih. Nah, disitu ketulis: 2014.4.13제조
Disini bisa lo analisa nih!
Toner itu rangkaian produk apa dulu yo? Bener banget, basic make-up atau umumnya ya yang sering orang bilang skincare dasar. Kenapa coba? Toner itu kan fungsinya untuk menyiapkan/ngembaliin kondisi kulit kita kan setelah kita bersihin muka. Doi bukan juga make up, karena toner enggak buat dandan bro.
Yuk, tinggal kita lihat ditabel! Kalo basic make-up itu belum lo buka, bisa tahan 30 bulan dan kalo udah lo pake alias segelnya udah kebuka, tonernya bisa tahan 12 bulan aka setahun. Jadi, kalo sebelum dibuka tanggal kadaluarsanya sampe 13 Oktober 2016 (13 April 2014 ditambah 2,5 tahun) dan kalo udah lo buka, 13 April 2015-lah(ditambah setahun) tanggal kadaluarsanya. Udah jelas kan?

Terlepas dari yang diatas, ketika lo nemuin cuman tanggal produksi doang dan enggak mau ribet ubek-ubek blog gue cuman buat baca tabel. Ada cara yang lebih simpel!

 
click image to view in larger definition (cr)

 Lo liat gambar kayak jar kebuka dan ada tulisan 12M? Nah itu artinya produk itu bisa lo pake maksimal 12 bulan (dari 12 M yang berarti 12 months) setelah lo buka segelnya. See? Lo bisa langsung tau batesannya produk bisa dipake dengan nyari simbol diatas. Mau 6M, 24M, dll, disitu tetep artinya M itu Months. Kalo penjelasan lebih lengkap tentang ini dan cara lain nentuin expiration date yang lain, baik itu brand asal korea atau yang lain, gue akan bahas lebih lengkap di lain waktu. Yang penting lo sedikit-sedikit udah ngerti tentang cara yang sederhana dan enggak njelimet baca tanggal kadaluarsa.

Manfaat

Lo susah-susah nyari tanggal kadaluarsa/produksi yang nyempil-nyempil itu sebenernya buat apa sih? 
Lo susah-susah ngertiin tabel yang gue kasih itu buat apa sih? 
Lo susah-susah baca tulisan simbol bunder-bunder ala tulisan Korea buat apa sih?

            Setelah lo lulus nih dalam bidang baca membaca--ngerti mengerti tanggal kadaluarsa/produksi itu bisa banyak manfaatnya coi, seperti:
1.     Yang pasti lo bisa lebih aware (awas) dalam make skincare/make up,
2.   Skincare/make up lo ya numpuk bisa nih lo ringkas! Lo periksain satu-satu mana yang udah/akan kadaluarsa. Jadi, di meja lo enggak numpuk sama barang-barang enggak perlu. Selain itu kan, produk itu bisa lo buat kreasi apa kek atau kemasannya lo bisa bikin buat naruh apa kek, enak kan?
3.    Lo enggak akan ketipu sama penjual skincare/make up, kalo misalnya lo dikasih produk yang udah lewat masa kadaluarsanya,
4.     Sebagai penjual pun, lo bisa dengan pede ngelayanin pelanggan lo meski lo ditanya tanggal kadaluarsanya sekalipun,
5.     Kulit yang lo dandanin/rawat akan lebih maksimal hasilnya karena lo make produk yang bener dan enggak kadaluarsa, dll.


Setelah baca panjang lebar dongeng dari gue, pasti lo udah pinter jawab pertanyaan gue yang awal dong ya? HARUS! Kalo lo emang udah paham, bisa nih lo tulis di comment box dibawah, gimana analisa lo tentang tanggal-tanggal yang di awal post gue kasih. Yang mana tanggal kadaluarsa dan berapa? Yang mana tanggal produksi dan tanggal berapakah itu? Nyontek haram!

XOXO,

9 comments:

  1. Cream pemutih wajah yang terbuat dari bahan alami pilihan, Dr Rochelle Skin Expert memberikan sensasi perawatan kecantikan kulit dan wajah yang mutakhir.

    Produk kecantikan yang satu ini sudah teruji di lab, dan terbukti efektif untuk memutihkan kulit dan wajah secara alami tanpa ada efek samping yang dapat membahayakan kesehatan anda baik jangka pendek maupu jangka panjang.

    Untuk pertanyaan dan pemesanan silahkan hubungi :
    Vinny,
    +62812-9604-9743,
    Pin BB 3B11F19E
    http://distributorrochellecream.com/

    ReplyDelete
  2. Say kan aku baru beli laneige..tpi tgl exp januari 2016..
    Masih bisa dipakai gak ya skincarenya

    ReplyDelete
  3. Hy...
    Aku beli obat bonding matrix... di sana ada tulisan (baik digunakan sebelum 3th setelah tanggal manufacturing). Sedangkan tgl mfg nya feb2013..
    Berarti expired nya feb2016 ya? Mohon jawab, soalnya aku bingung mau pake atau engga

    ReplyDelete
  4. Kak, kan aku beli masker, baru MAU dibuka sekarang,,
    Ternyata udah kadaluarsa 1 bulan yang lalu, masih bisa dipake ngga? ㅠㅡㅠ

    ReplyDelete
  5. Sist aku kan beli masker pas desember merk etude house nah ternyata udah kadaluarsa tgl 27 desember 2015 masih bisa dipakai ga ya? Padahal beli di watsons loh

    ReplyDelete
  6. Thanks! It's really helping :D

    ReplyDelete
  7. pas banget nemu blog ini pas aku mau beres-beresin meja rias..makasih yaaa..helpful banget~~

    ReplyDelete
  8. akhirnya ga sengaja nemu ini , ane punya banyak masker tonymoly yang jejo nya 03 25 2016 berarti masih bisa ya ampe bulan 3 taun depan, makasih deh infonya

    ReplyDelete
  9. Kak aku mau tanya kan aku beli liptint ni terus udah aku pake 3 kali abis itu aku gapernah pake lagi selama setahun soalnya ilang wkwk trus ni ketemu lg nah tulisannya 12M , apa masih bisa aku pake sedangkan baru aku pake 3 kali.JAWAB ya kak.....

    ReplyDelete

© 2014